1. Subyek Perjanjian / Subject of Agreement
- Perjanjian ini berlaku antara PT. Mitra Tera Sinergi Indonesia yang mana selanjutnya disebut sebagai CariHosting.ID dan pengguna layanan CariHosting.ID yakni badan hukum atau orang yang melakukan pemesanan layanan dan atau menggunakan layanan CariHosting.ID yang mana selanjutnya disebut sebagai Pelanggan.
- Pelanggan dianggap telah memenuhi syarat untuk menyetujui perjanjian ini.
- Jika Pelanggan mewakili pihak lain, maka pihak lain tersebut juga dianggap menyetujui perjanjian ini.
- Identifikasi utama yang diakui oleh CariHosting.ID Indonesia sebagai pelanggan adalah pemilik email yang digunakan untuk mendaftar untuk menggunakan layanan CariHosting.ID Indonesia.
2. Masa Berlaku Perjanjian / Validity of Agreement
- Perjanjian ini mulai berlaku sejak Pelanggan melakukan pemesanan layanan CariHosting.ID Indonesia hingga Pelanggan berhenti berlangganan terhadap layanan CariHosting.ID.
- Masa berlaku perjanjian tidak membebaskan badan hukum atau orang yang pernah menjadi Pelanggan atas konsekuensi terhadap penggunaan layanan CariHosting.ID yang melanggar peraturan dan perundang-undangan di Republik Indonesia.
3. Perjanjian Layanan / Service Agreement
Dalam hal penggunaan layanan CariHosting.ID Indonesia, Pelanggan dianggap telah membaca dan menyetujui Perjanjian Layanan yang sesuai dengan layanan yang digunakan yakni sebagai berikut:
- Perjanjian Layanan Hosting
- Perjanjian Layanan Domain
- Perjanjian Layanan Privacy Protection
- Perjanjian Layanan VPS
4. Kebijakan Layanan
Dalam hal penggunaan layanan CariHosting.ID Indonesia, Pelanggan dianggap telah membaca dan menyetujui Kebijakan Layanan sebagai berikut :
- Kebijakan Billing
- Perjanjian Umum
- Kebijakan Penggunaan Layanan
5. Hak dan Kewajiban Pelanggan
- Pelanggan berhak untuk mendapatkan Dukungan Pelanggan yang akan membantu Pelanggan dalam menggunakan layanan CariHosting.ID Indonesia. Bentuk komunikasi yang digunakan dalam dukungan Pelanggan tersebut adalah :
- Chat melalui livechat CariHosting.ID
- Trouble ticket system
- Telepon
- Pelanggan berhak mendapatkan akses ke Portal Pelanggan, yakni halaman website yang berisi tentang informasi layanan CariHosting.ID yang digunakan Pelanggan, informasi periode berlangganan, tagihan, dan informasi-informasi lain.
- Pelanggan wajib tunduk kepada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia;
- Pelanggan wajib tunduk kepada peraturan yang menjadi standard industri yang terkait dengan layanan CariHosting.ID seperti peraturan ICANN, IANA, APNIC, dan lain sebagainya;
- Pelanggan wajib untuk selalu mengupdate Data Pelanggan dengan data terkini yang valid. CariHosting.ID tidak bertanggungjawab atas terganggunya layanan CariHosting.ID yang digunakan Pelanggan akibat Data Pelanggan yang tidak valid.
Data Pelanggan yang dimaksud di atas meliputi:- Alamat email;
- Nama lengkap;
- Alamat;
- Kode pos;
- Kota;
- Provinsi;
- Nomor telepon;
- Nomor selular / handphone;
6. Dukungan Pelanggan
- Dukungan Pelanggan adalah tindakan yang dilakukan CariHosting.ID untuk membantu Pelanggan apabila mengalami kesulitan dengan layanan CariHosting.ID yang digunakan;
- Dukungan Pelanggan oleh CariHosting.ID yang dimaksud di atas memiliki batasan sebagai berikut:
- Dukungan Pelanggan dalam hal Pelanggan mengalami kesulitan dalam menggunakan layanan CariHosting.ID;
- Dukungan Pelanggan dalam hal terjadi kendala teknis di sisi CariHosting.ID yang menyebabkan terganggunya layanan;
- Dukungan Pelanggan oleh CariHosting.ID tidak mencakup hal-hal dibawah ini:
- Terganggunya layanan akibat gangguan yang terjadi pada pihak ketiga seperti misalnya dan tidak terbatas pada gangguan di sisi ISP yang digunakan pelanggan;
- Terganggunya layanan karena kesalahan di sisi pelanggan seperti misalkan :
- Scripting Pelanggan yang salah, tidak optimal, dan atau tidak aman yang menyebabkan tidak bisa diaksesnya layanan atau layanan tidak berfungsi sbeagaimana mestinya. CariHosting.ID secara tegas akan menolak permintaan Dukungan Pelanggan untuk melakukan pembetulan terhadap hal di atas;
- Terjadinya kebocoran informasi rahasia di sisi Pelanggan, termasuk bocornya informasi login Pelanggan;
- Tersusupinya website Pelanggan baik disengaja maupun tidak disengaja dengan hal-hal yang dilarang pada pada Kebijakan Penggunaan;
- Dukungan Pelanggan berupa tindakan atas layanan tidak dapat dilakukan apabila CariHosting.ID telah:
- Menyediakan fasilitas-fasilitas dimana Pelanggan dapat melakukan sendiri tindakan atas layanan yang digunakan;
- Menunjukkan referensi dimana Pelanggan dapat melihat bagaimana cara sebuah tindakan itu dilakukan atas layanan yang digunakan;
- CariHosting.ID berhak untuk secara sepihak mengenakan biaya tambahan untuk melakukan Dukungan Pelanggan tertentu yang berada diluar cakupan dan batasan yang ditentukan.
Penentuan cakupan dan batasan Dukungan Pelanggan ditentukan secara dinamis oleh CariHosting.ID.
7. Kebijakan Perpajakan PPN dan Permintaan Faktur Pajak
Bagi pelanggan berbentuk badan usaha / badan hukum di Indonesia yang membutuhkan faktur pajak atas transaksi di CariHosting.ID, berikut syarat dan ketentuan yang berlaku:
- Faktur hanya dapat diterbitkan jika Pelanggan telah melakukan pembayaran.
- NPWP Pelanggan telah terdaftar di sistem CariHosting.ID. Apabila belum, Pelanggan dapat memasukkan data NPWP dengan cara:
- Memasukkan datanya pada form order saat memesan layanan; atau
- Melalui link https://carihosting.id atau
- Mengirimkan scan NPWP ke email billing@CariHosting.ID
- ID secara otomatis akan menerbitkan faktur atas semua transaksi bagi Pelanggan yang hanya memiliki 1 NPWP yang terdaftar di sistem;
- Bagi pelanggan yang memiliki beberapa NPWP dan NPWP-nya telah terdaftar di sistem, CariHosting.ID akan mengkonfirmasi terlebih dahulu dengan mengirimkan Draft Faktur Pajak melalui email agar Pelanggan dapat memilih NPWP yang akan digunakan untuk penerbitan faktur atas transaksi bersangkutan.
Jika pelanggan tidak memberikan konfirmasi selama 3 hari kerja, maka Faktur Pajak akan diterbitkan sesuai Draft Faktur Pajak. - Pelanggan yang belum terdaftar NPWP-nya dapat meminta faktur pajak pada bulan yang sama dengan bulan transaksi paling lambat tanggal 8 bulan berikutnya. Sebagai contoh jika invoice terproses pada bulan Januari 2024, maka paling lambat permintaan dilakukan tanggal 8 Februari 2024.
Jika permintaan dilakukan setelah tanggal 8 Februari 2024, maka CariHosting.ID tidak bisa menerbitkan Faktur Pajak menggunakan NPWP yang dikirim.
Pemotongan PPh 23:
Wajib Pajak Badan dapat memotong PPh 23 sebesar 2% dari Harga Jual (bukan DPP) dan berlaku untuk semua produk CariHosting.ID, namun dengan syarat harus mengirimkan bukti potong PPh 23 dahulu melalui email/softcopy ke bagian Billing CariHosting.ID sesuai dengan masa faktur pajak.
Informasi lebih lengkap dapat dilihat melalui tautan berikut: https://carihosting.id.
Jika pelanggan belum mengirimkan bukti potong PPh 23 pada tanggal 10 bulan berikutnya maka CariHosting.ID akan menganggap transaksi tersebut sebagai kurang bayar dan layanan belum bisa diproses sampai dengan pembeli melakukan pelunasan pembayarannya.
8. Perubahan Perjanjian
- ID berhak melakukan perubahan isi perjanjian secara sepihak tanpa pemberitahuan sebelumnya.
- Pelanggan menyetujui setiap perubahan isi perjanjian yang dilakukan sepihak oleh CariHosting.ID
9. Pelanggaran dan Sanksi
Dalam hal terjadi pelanggaran atas Perjanjian ini, termasuk didalamnya pelanggaran terhadap Perjanjian Layanan dan Kebijakan Layanan yang dilakukan oleh Pelanggan, maka CariHosting.ID berhak melakukan penghentian layanan baik yang bersifat permanen maupun sementara tanpa kewajiban bagi CariHosting.ID untuk mengganti kerugian material dan imaterial di sisi Pelanggan yang terjadi akibat penghentian layanan tersebut.
10. Sangkalan / Disclaimer
Pelanggan maupun pihak lain tidak dapat menuntut ganti rugi atas kerugian yang diderita yang terkait dengan layanan CariHosting.ID yang digunakan oleh Pelanggan.
CariHosting.ID tidak bertanggungjawab atas pelanggaran hukum yang dilakukan Pelanggan menggunakan layanan CariHosting.ID.
11. Penyelesaian Perselisihan
Perselisihan yang terjadi akan diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mufakat.